Menghemat Bandwidth dengan Opera Mini di Komputer


Membahas tentang internet apalagi tentang koneksi internet dan tips bagaimana membuat koneksi internet lebih cepat memang akan selalu ada jawabannya.

Salah satu provider software internet browser ternama di Amerika yang produknya notabene dikenal dengan nama Opera memang sudah menciptakan revolusi terbaru penggunaan akses internet cepat baik yang dikhususkan untuk Komputer maupun Mobile Internet (Handphone, PDA, Notebook).

Software untuk mobile internet itu sendiri diberi nama Opera Mini yang sekarang release sudah versi ke 4.2 dan compatible dengan semua operating system Java MIDP2.

Pernah kesal dengan koneksi internet yang hanya upto 64 kbps? Memang serasa menggunakan GPRS jika kecepatan hanya 64 kbps. Bagaimana memaksimalkan kecepatan 64kbps untuk koneksi internet supaya stabil dan cepat? Jawabannya menggunakan Opera Mini yang biasanya Anda gunakan di HP. Komputer itu sendiri kan tidak support JavaMIDP2 terus bagaimana? Caranya adalah dengan menggunakan software Java.

Berikut ini cara setting Opera Mini di Komputer untuk internet cepat dan hemat bandwith:
1. Pertama Anda harus download program Java. Anda bisa download di sini. Pilihlah yang paling baru dari semua versi. Java ini sendiri support untuk beberapa OS seperti Linux, Unix, MacOS, dan Windows
2. Download software microemulator di sini. Microemulator digunakan untuk membuka program Opera Mini yang nantinya menjadi browser.
3. Terakhir, download Opera Mini 4.2 di sini. Download kedua filenya baik yang bereksistensi JAD maupun JAR.

Setelah itu install Java di komputer Anda. File Java berukuran sekitar 15MB jika ingin diinstal secara offline. Ekstrak microemulator.zip dan pindah ke folder C:Program Filesmicroemulator-2.0.3 dan pindahkan juga file Opera Mini yang didownload (file JAR dan JAD) ke dalam folder C:Program Filesmicroemulator-2.0.3apps double klik microemulator.jar. Untuk mulai berselancar ke dunia maya klik File – Open JAD File dan pilih operamini.jad program opera mini otomatis terinstal di komputer Anda.

Kendalanya ukuran layar kecil sekali karena mirip dengan tampilan di handphone. Jika ingin opera mini tampil maksimal satu layar penuh tanpa pecah klik Options – Select device – Add… – microemulator – devices – microemu-device-resizable.jar – Resizable device – set as default – OK. Selesai sekarang Anda bisa menggunakan Opera Mini untuk komputer dengan ukuran layar penuh monitor.

Keuntungan menggunakan Opera Mini itu selain koneksi internet cepat juga hemat bandwith. Ini karena sebelum dikirim server Opera di Amerika melakukan konfersi gambar dan flash. Nah, yang untungnya kita dianggap berasal dari Amerika karena kita surfing dibalik server Opera itu sendiri.

Posted by Abdurrojak
Sumber : BloggerKebumen

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s