keuntungan jaringan komputer


Mengenal Jaringan Komputer, Keuntungan, Kerugian, dan Pilihan Jaringan Kabel, Jaringan Wireless, atau Kombinasi Keduanya

Kenapa harus menggunakan jaringan

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer desktop, laptop, atau piranti jaringan lainnya seperti printer dengan tujuan utamanya adalah saling berbagi data – saling bertukaran data, penggunaan printer secara bersamaan, dan agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Jadi pada dasarnya jaringan komputer adalah adalah saling berbagi dan saling bertukar data, dan kalau ada koneksi broadband internet  maka semua komputer bisa saling terhubung ke internet dengan hanya menggunakan satu sambungan internet, dan jika ada alat komunikasi seperti email – maka semua yang terhubung dengan jaringan bisa saling berkirim email dan bahkan chatting satu sama lain.

Keuntungan dari system jaringan

Jaringan komputer menawarkan banyak fleksibilitas dalam hal anda bekerja dan menghabiskan waktu dengan komputer anda dan juga perangkat electronic lainnya yang dengan dukungan jaringan yang anda bangun anda akan secara umum mendapatkan banyak keuntungna antara lain:

  • Bersama semua komputer yang ada dalam jaringan, anda bisa sharing / berbagi koneksi broadband internet sehingga setiap orang bisa browsing internet secara bersamaan.
  • Anda bisa akses email pribadi anda sementara yang lainnya chatting, download lagu, video, atau bahkan bermain game online dengan XBOX 360.
  • Bisa sharing berbagai macam dokumen dan file termasuk music, video, photos, dll
  • Menyimpan semua file – dokumen, pustaka music, video, digital photos, dokumen lainnya di satu tempat yang bisa diakses secara sharing atau bahkan bisa diberikan suatu keamanan siapa yang boleh baca tulis, atau siapa yang dapat akses file apa.
  • Anda bisa mengamankan jaringan komputer anda dengan secara terpusat dari serangan dan ancaman keamanan dari internet.
  • Bersama seluruh / beberapa nggota keluarga anda bisa bermain game multiplayer bahkan keluar internet online game bersama teman-teman anda didunia maya.
  • Bias berhemat dengan pemakaian printer, scanner, plotter, dan peripheral lainnya secara bersamaan.
  • Dengan Storage area network, anda bisa memusatkan penyimpanan data dan dokumen lainnya kedalamnya dan anda bisa memanagenya dengan administrasi sesuai kebutuhan.

Ada dua jenis jaringan yang bisa anda pilih, jaringan kabel (wired) dan jaringan wireless. Anda bisa memilihnya yang mana cocok dengan kondisi dan kebutuhan anda, bahkan anda bisa menggabungkan keduanya. Kedua jaringan tersebut masing-masing mempunyai keuntungan dan kerugian.

Wireless vs Wired

Keuntungan Jaringan - Wired vs WirelessKeuntungan Jaringan – Wired vs Wireless

Ada dua macam technology jaringan yang umum yaitu:

  • jaringan wireles/wirelae network– yang menggunakan komunikasi antar piranti dengan menggunakan gelombang radio
  • Jaringan wired – yang menggunakan kabel data jaringan dalam komunikasi antar piranti jaringan dengan technologi internet.

Kenapa memilih jaringan wireless?

Kelebihan utama jaringan wireless tidak menggunakan kabel dalam komunikasinya, akan tetapi menggunakan gelombang radio, seperti telpon cordless. Keuntungannya adalah sifat mobilitasnya yang tinggi dan tidak tergantung kepada kabel dan koneksi tetap. Keuntungan yang bisa kita petik dengan jaringan wireless ini secara umum sebagai berikut:

  • Bebas bekerja dari mana saja dan bersifat mobile, asalkan terjangkau oleh jaringan wireless ini
  • Tidak ada batasan kabel jaringan atau sambungan tetap, jadi tidak memerlukan kabel data yang terkadang merepotkan anda sehingga menghemat waktu
  • Instalasi yang relative cepat dan mudah
  • Gampang pengembangannya

Jaringan wireless umumnya juga disebut sebagai Wi-Fi – wireless Fidelity, yang memungkinkan anda menggunakan computer anda dimana saja di rumah anda selama masih dalam jangkauan jaringan wireless. Bahkan di tempat-2 umum sekarang ini sudah banyak disediakan layanan hot-spot seperti di café, di airport, di hotel, di tempat-2 bisnis dan lain-lain.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s