Klasifikasi Jaringan Komputer 1


Ada dua model/tipe dasar jaringan komputer yaitu: jaringan peer-to-peer atau jaringan client/server. Jaringan peer-to-peer adalah jaringan dimana komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak. Bisa dibayangkan apabila ternyata ada banyak komputer yang tiba-tiba meminta beberapa file dari satu komputer yang sama, bagaimana melayaninya?

GAMBAR Jaringan Peer-to-Peer

Model yang lain, jaringan client/server, pada model ini ada satu komputer yang disiapkan menjadi pelayan (server) dari komputer lainnya (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer client harus dilewatkan ke komputer server, komputer server ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi server, sehingga ada pembagian tugas, milsanya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer client baik dari segi kapasitas memori, kapasitas hardisk, maupun kecepatan prosessornya.

GAMBAR Jaringan Client-Server

Sumber : http://www.scribd.com


Kesimpulan :

Jaringan computer diklasifikasikan menjadi 2 model/tipe, yaitu : jaringan peer to peer dan jaringan client-server. Jaringan peer to peer adalah jaringan computer dimana setiap computer dapat bertindak sebagai penyedia dan penerima permintaan dari computer lainnya. Sedangkan jaringan client-server adalah jaringan computer yang menyediakan satu computer bertindak sebagai penyedia (server), sedangkan computer lainnya bertindak sebagai client, artinya setiap permintaan dari computer client harus melalui computer yang betindak sebagai server. Jaringan computer peer to peer lebih cocok digunakan apabila jumlah computer maksimal 25 komputer, karena  komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

By : MiLa MeRRyNa

2 Komentar

  1. baguzzz.
    thanks yuppy 4 artkel’y..
    nmbah wawasanku..
    hhe..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s